Selasa, 15 Desember 2009

(tanpa judul)

Rabu, 16/12/2009 10:09 WIB

Adik ipar Yudhoyono resmi jadi Pangdam Siliwangi

oleh : Yanto Rachmat Iskandar

BANDUNG (Bisnis.com): Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi menggelar acara serah terima jabatan panglima mereka dari Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary kepada Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo.



Panglima Kodam III Siliwangi yang baru merupakan adik Ibu Negara Ani Yudhoyono. Sebelumnya Pramono menjabat Danjen Korps Pasukan Khusus (Kopassus).



Sementara itu, Rasyid Qurnuen dikabarkan akan menduduki posisi Sekretaris Menko Polhukam. Kegiatan seremoni berlangsung di Stadion Siliwangi komplek Markas Komando Kodam III Siliwangi Rabu pagi dengan upacara militer.



Hadir dalam kegiatan serah terima jabatan tersebut a.l. Kepala Staff TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta dan Gubernur Jabar Ahmad Heryawan.



Dalam sambutannya KSAD Jenderal TNI George Toisutta mengemukakan reposisi jabatan militer merupakan dinamika internal TNI sekaligus penyegaran di tubuh TNI.



"Kami berharap akan muncul ide dan gagasan baru dari perubahan posisi ini," katanya hari ini.



Kepala Staff berharap Pangdam Siliwangi yang baru mampu menjamin keamanan dan ketertiban sesuai dengan tugas dan fungsinya. Apalagi wilayah Jabar dan sekitarnya merupakan kawasan penyangga Ibu Kota Jakarta.(er)

bisnis.com
Rabu, 16/12/2009 11:07 WIB
Sertijab Kodam III Siliwangi
KSAD Minta Wartawan Kritisi Pangdam Baru
Andri Haryanto - detikBandung



Bandung - Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal George Toisutta meminta kepada wartawan agar memantau kinerja Pangdam III Siliwangi yang baru Mayjen Pramono Edhie Wibowo.

Demikian dikatakan George ketika ditemui wartawan usai serah terima jabatan Pangdam III Siliwangi dari Mayjen Rasyid Qurnuen Aquary kepada Mayjen Pramono Edhie Wibowo di Stadion Siliwangi, Rabu (16/12/2009)

"Jangan lupa kritisi dia (Pramono-red). Koreksi dia kalau ada kesalahan," ujar George.

Kasad juga mengamanatkan pada Pangdam baru agar lebih baik dalam bekerja ketimbang Pangdam sebelumnya. "Siapa pun yang mengganti harus lebih baik dari pendahulunya," lanjut George.

Menurut George, sertijab merupakan hal yang alami dari struktur di tubuh TNI. Ia menampik sertijab ini mengandung unsur rekayasa. "Sertijab pangdam ini sesuatu yang alami. Nggak ada rekayasa atau apa," tuturnya.

Setelah sertijab pukul 10.00 WIB, KSAD dan pangdam baru berjalan melihat sarana olahraga Kolam Renang Graha Tirta Siliwangi. Turut hadir Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan mantan Pangdam Solihin GP. Namun istri Presiden SBY, Ani Yudhoyono yang merupakan kakak kandung Pramono tidak nampak dalam sertijab ini.
(dip/lom)
Rasyid Qurnuen Kembali ke Mabes TNI
Rabu, 16 Desember 2009 | 11:37 WIB

TEMPO Interaktif, BANDUNG - Panglima Kodam III Siliwangi pagi ini berganti dari Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquary kepada Mayjen TNI Pramono Edhie Wibowo. Rasyid sendiri akhirnya kembali ke Mabes TNI setelah sebelumnya disebut bakal menempati jabatan baru sebagai Sekretaris Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan. "Alasannya jangan tanya saya. Itu pimpinan semua yang mengatur" kata Rasyid yang ditemui wartawan, usai mengikuti upacara serah terima jabatan di Stadion Siliwangi Bandung, Rabu (16/12).

Upacara serah terima sendiri dipimpin langsung Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI George Toisutta. Komandan upacara itu adalah Komandan Korem 062 Tarumanagara Kolonel Infanteri Mohammad Rahmat.

Dalam amanatnya, Kasad mengingatkan pergantian adalah bagian integral dari dinamika internal Angkatan Darat untuk kepentingan pembinaan personil maupun penyerahann organisasi," kata George.

Panglima Kodam III Siliwangi yang baru dilantik ini sebelumnya adalah Danjen Kopasus TNI Angkatan Darat. Edhie juga adik kandung Ani Yudhoyono, istri Presiden RI.

Tengah November lalu, saat kabar pergantian Panglima Komando diumumkan, Rasyid dikabarkan akan menempati jabatan baru sebagai Sekretaris Menteri Politik, Hukum dan Keamanan. Ditemui wartawan, awal Desember lalu, ia masih menyebutkan, sprin tertanggal 30 Oktober yang diterima dari Panglima TNI menyebutkan, jabatan barunya adalah menjadi Sekretaris Menko Polhukam.

Perubahan posisi terjadi pekan lalu. Menurut Rasyid, pihaknya menerima Sprin baru yang menyebutkan, posisi barunya sebagai Asisten Panglima TNI. Posisi baru di Cilangkap ini baru akan ditempati, pekan depan.

Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigadir Jenderal Christian Zebua mengatakan, jabatan Asisten Intelijen Panglima TNI adalah jabatan bergengsi. Ditanya alasannya, Zebua mengaku tidak tahu. "Itu dinamika. Alasannya, silahkan menanyakan ke Panglima TNI" katanya.

Menurut Zebua, bukan sekali ini terjadi perubahan semacam ini, "Militeritu dinamikannya tinggi. Ini bukan pertama kali, ada beberapa pejabat lama bisa terjadi seperti itu" ujarnya.

Ditemui usai upacara, George meminta semua pihak untuk membantu Panglima Siliwangi yang baru. "Kritisi dia, koreksi dia kala ada kesalahan," katanya.

Hadir dalam pelantikan itu sejumlah pejabat TNI Angkatan Darat, sejumlah Panglima Kodam di antaranya Panglima Kodam Iskandar Muda, Kapolda Jabar Irjen Polisi Timur Pradopo, serta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. Kepala Staf TNI AD sempat menyaksikan devile pasukan Siliwangi di Jalan Lombok usai upacara itu.

AHMAD FIKRI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar